4/11/2017

TINJAUAN KRITIS TENTANG KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PERKULIAHAN BILINGUAL DI FITK IAIN SURAKARTA


Nur Asiyah, Umi Pujiyanti, dan Lilik Untari 

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pendekatan dan model program perkuliahan bilingual yang dikembangkan di FITK, mengetahui tantangan, mengetahui kesulitan yang muncul dan upaya penyelesaian kesulitan yang muncul pada penyelenggaraan perkuliahan bilingual FITK IAIN Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis dokumen, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya jurusan PAI yang menyelenggarakan perkuliahan bilingual untuk mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Model perkuliahan bilingual yang ada di FITK termasuk ke dalam weak form of bilingual education atau model kelas bilingual lemah karena pada dasarnya masih dilaksanakan dengan monolingual. Tantangan yang dihadapi adalah pengembangan kurikulum dan materi, sumberdaya manusia yang terdiri dari tenaga pendidik dan mahasiswa serta output dan penilaian. Adapun kesulitan yang dihadapi Fakultas dalam penyelenggaraan program bilingual adalah; (1)kebijakan yang belum siap dilaksanakan akan tetapi sedikit dipaksakan (2)kurangnya koordinasi pada tingkat jurusan untuk merespon kebijakan dari fakultas, (3)kurang tajamnya analisis daya dukung pelaksanaan perkuliahan bilingual.

Kata Kunci: Bilingualism, model, tantangan

No comments:

Post a Comment